Button Text! Submit original article . Find out More

Prosesor Buatan Xiaomi “Pinecone” Mampukah Taklukan Snapdragon?

Kehadiran Prosesor Buatan Xiaomi “Pinecone” Mampukah Taklukan Snapdragon?

Processor buatan xiaomi akan meluncur dengan menghitung minggu atau hari lagi. Produsen gadget yang beberapa waktu lalu baru saja memasarkan produknya hingga ke Pakistan ini memang telah lama berhembus kabar bahwa ingin memproduksi chipset atau processor sendiri untuk beberapa atau bahkan seluruh produknya.

Seperti laporan dari engadget, bahwa pinecone ini akan rilis pada 28 Februari 2017 mendatang. Jadi tinggal beberapa saat lagi. Peluncurannya pun tidak saat MWC atau mobile world congress yang bergengsi, melainkan akan membuat acara sendiri di Beijing, Tiongkok.

Kehadiran prosesor bikinan xiaomi ini jika memang memiliki kualitas yang bagus pasti bisa membuat para mi fans lega untuk beralih dari snapdragon ke pinecone ini. Karena bagaimanapun juga, snapdragon saat ini menjadi prosesor pilihan banyak orang, diatas intel dan mediatek. Bahkan chipset buatan samsung sendiri exynos pun banyak yang tidak menyukainya.


processor xiaomi

Sejak awal bulan Februari ini memang sudah terdengar kabar mengenai akan rilisnya prosesor pinecone ini. Chipset ini dikabarkan akan digunakan pada diuji cobakan pada smartphone xiaomi meri, xiaomi mi 5c yang merupakan seri lebih rendah daripada seri mi5s. namun walaupun begitu, xiaomi mi 5c juga ada yang menggunakan buatan qualcomm yaitu snapdragon, ada yang bilang snapdragon 625.

Chipset pinecone yang akan digunakan di mi5c ini dikabarkan akan mengadopsi cortex a-53 dengan delapan inti atau octa core. Disebut sebut processor ini akan menjadi saingan snapgragon 808. Jika memang demikian, berarti memang mi5c adalah smartphone falgship yang memang akan lebih banyak diproduksi di tahun ini. Baca juga: Xiaomi akan mengurangi produksi smartphone murah di tahun 2017.

Pinecone perdananya membawa 2 model: A670 dan A970

Inilah 2 jenis model dari chipset yang akan diluncurkan pertama kali oleh xioami.

1. Spesifikasi Pinecone A670

Untuk versi a670 akan mengusung prosesor kelas menengah bawah. Versi in datang dengan mengusung processor cortex a53 dengan 4 inti kali dua. Sementara untuk pengolahan grafisnya menggunakan GPU mali T860 MP4 yang memiliki kecepatan 800 mhz. Untuk ukuran sendiri masih menggunakan 28 nm.

Nah xiaomi mi 5c nantinya dikabarkan akan menggunakan chipset satu ini. Karena kemampuan yang setara dengan snapdragon 808 pasti tidak mengecewakan nantinya.

2. Spesifikasi Pinecone A970

Untuk versi a970 ini bisa dibilang versi premiumnya, harganya juga lebih mahal tentunya, karena kualitas dan kecepatan pinecone A970 ini lebih baik. Prosesor satu ini mampu mencapai kecepatan maksimum 2.7 Ghz yang dipadukan dengan cortex a53 dan juga a73. Sama seperti seri pinecone a670, pinecone juga hadir dengan quadcore atau 4 inti kali 2 jadi memiliki delapan inti atau octa core.

Untuk urusan grafisnya juga OK, karena mengusung Mali G71 MP12 yang mampu menghasilkan kecepatan 900 mhz. Dan yang lebih gila lagi adalah manufaktur 10 nm. Jadi bisa dipastikan lebih hemat daya dan juga tidak mudah panas.

Untuk pinecone a970 ini digadang gadang mampu menyamai kemampuan qualcomm snapdragon 835. Jika memang keawetan, kecepatan, performa, kualitas dan kemampuannya menyamai snapdragon, pasti akan menjadi daya tarik tersendiri dan banyak yang menyukai chipset buatan xiaomi ini.

Xiaomi mi5c yang dikabarkan akan rilis bulan Maret 2017 mendatang ini bukan saja smartphone yang mengandalkan pinecone sebagai dapur pacu utamanya loh. Mengingat tahun ini xiaomi bakal mengurangi produksi smartphone murah, pasti banyak processor yang disematkan di seri flagship dan seri high end lainnya seperti xiaomi mi 6, xiaomi mi 6s, xiaomi mi note 3 dan lainnya.

Menggandeng Leadcore dalam Memproduksi

Xiaomi tidak sendirian dalam membuat prosesor ini, ia menggandeng perusahaan yang bernama leadcore yang sudah bekerja sama dari 2 tahun yang lalu. Xiaomi menggarap prosesor dengan leadcore karena tentunya xiaomi sendiri telah memiliki saham lebih dari separonya di leadcore.

Tujuan pembuatannya adalah karena ingin mengurangi ketergantungan dengan produk buatan qualcomm dan mediatek. Jadi xiaomi ingin seperti halnya samsung, huawei dan juga aplle yang memproduksi chipset sendiri. Hal ini jadi lebih terkesan mandiri dan tidak bergantung dengan produk lain. Dan juga dengan ini xioami bisa membuat prosesor yang memang sesuai atau cocok untuk masing masing seri gadget.

Tak hanya itu, tujuan xiaomi membuat processor sendiri adalah karena ingin menekan biaya jangka panjang dalam penggunaan chipset atau prosesor. Jadi dengan membuat sendiri tentunya bisa juga untuk memangkas produksi smartphone agar lebih murah lagi kedepannya.

One Response

Leave a Reply